Pages

Saturday, January 12, 2013

Chairul Tanjung - Si Anak Singkong

Judul Buku : Chairul Tanjung, Si Anak Singkong

Penyusun : Tjahja Gunawan Diredja

    Membaca buku ini, bagi saya seperti membaca buku harian Chairul Tanjung. Buku yang ditulis untuk memperingati 50 tahun Chairul Tanjung ini tidak berisi tulisan yang tidak "memamerkan kekayaan" namun lebih ke "curhat" sehingga tidak ada kesan kesombongan.

Kalau ada yang belum tahu siapa dia, beliau adalah seorang pebisnis yang sukses di Indonesia. Pemilik Trans Media, Bank Mega, dll  yang menempatkan dirinya dalam salah satu orang terkaya di Indonesia.

Namun di buku ini Chairul Tanjung tidak pernah menulis dirinya orang terkaya dan bla...bla...bla.... layaknya buku-buku biografi lainnya. Dia lebih banyak bercerita masa lalunya dan bagaimana dia berjuang melawan kemiskinan. Dan bagaimana setelah mencapai kesuksesan dia membantu orang lain.

Hanya saja, menurut saya urutan penceritaannya menurut saya agak membingungkan, di awal diceritakan kehidupan Chairul Tanjung di kampus, namun di tengah diceritakan masa kecil (SD, SMP, SMA), mungkin ada alasan lain sang penyusun buku ini.

Terlepas dari itu semua, aku sendiri sejak mulai membaca buku ini tidak bisa kulepas sampai habis. Gaya penulisannya menarik, tidak bertele-tele, membangun dan menginspirasi. Bagian paling menarik bagi saya adalah bagaimana Chairul Tanjung membangun usaha Bank Mega. Two Thumbs Up!!!!

Buku ini sangat direkomendasikan buat yang mencintai buku biografi. FYI, Chairul Tanjung juga seorang yang mencintai Indonesia.

No comments:

Post a Comment